kisah singkat saat di kota serambi mekkah

by - 1:07 PM

bingung harus mulai dari mana, karna kali ini saya ingin membagikan cerita singkat saya saat berkunjung ke Serambi Mekah alias Banda Aceh. jadi ceritanya di hari kamis malam tepat tanggal 06 april saya dan rombongan berangkat menuju Banda Aceh menggunakan bus dari Kabupaten Aceh Tamiang. kenapa Aceh Tamiang? karna domisili kita memang dari Aceh Tamiang. nah, buat yang belum tau Aceh Tamiang itu dimana, sini bakal saya jelasin. jadi Aceh Tamiang itu letaknya di awal permulaan mau menuju kota Banda Aceh, jadi bisa dibilang Kabupaten Aceh Tamiang adalah gerbang awal untuk menuju Banda Aceh dan Aceh Tamiang berbatasan dengan Kaupaten Langkat, Sumatera Utara.

singkat cerita, sekitar jam 6 pagi saya sudah tiba di kota Banda Aceh, wah.. luar biasa sekali karna biasanya kalo dirumah jam 6 pagi saya masih geletak-geletak di tempat tidur sambil stalking akun kamu. iya kamu yang jauh disana. nah, hal pertama kali yang saya lakukan saat tiba di Banda Aceh adalah mencari sarapan. untuk sarapannya saya lebih memilih nasi dengan lauk ikan teri, karna di warungnya cuma ngasih dua pilihan nasi dengan teri atau nasi dengan telur mata sapi. karna saya gak suka mata sapi jadi saya milih nasi dengan lauk ikan teri. untuk harganya sekitar 6000-an aja. murah?? ya wajarlah murah, lah lauknya aja sedikit sekali ;(

setelah selesai dari sarapan saya langsung menuju ke salah satu tempat yang harus dituju. ssstt... yang saya tuju bukan destinasi wisata loh, tapi ke suatu tempat yang memang harus dikunjungi karna suatu hal. setelah urusan ditempat tersebut selesai, akhirnya sekitar jam 15.30 saya dan rombongan bergerak menuju ikonnya kota Banda Aceh yang sangat terkenal yaitu Masjid Raya Baiturrahman. dengan modal tumpangan gratis akhirnya kami tiba juga di masjid raya baiturrahman. ya Allah akhirnya bisa kesini juga, tapi sayang waktu saya dateng masjid baiturrahman lagi dalam tahap perbaikan. mudah-mudahan suatu hari nanti saya bisa balik kesini lagi, aamiin...

saya pun langsung masuk ke areal masjid untuk melihat-lihat ke sekitar bangunan masjid baiturrahman tapi gak semua sisi saya lihat karna ada perbaikan takutnya nanti malah ganggu, setelah itu saya memutuskan untuk masuk kedalam masjid baiturrahman untuk melihat bagian dalamnya. didalam masjid ramai dengan anak-anak yang sedang belajar mengaji dan orang-orang yang sedang melaksanakan sholat. karna terlalu ramai jadinya saya malu buat muter-muter untuk liat keseluruhan isi masjid, takutnya mengganggu. jadi saya hanya ngambil beberapa gambar setelah itu saya langsung keluar. oiya, kalo mau masuk ke masjid baiturrahman buat yang cewek harus pakai rok gak boleh pakai celana ya walaupun bajunya sampai ke lutut tetep aja gak boleh. karna ada penjaga yang bakal negur kalo kalian sampai pakai celana.

setelah dari Masjid Baiturrahman, saya memutuskan untuk menyebrang jalan  menuju ke sebuah taman yang letaknya gak jauh dari masjid Baiturrahman yang bernama Taman Sari. taman ini gak beda jauh sih dari kebanyakan taman yang biasa saya lihat di kota Binjai atau Medan. taman ini banyak dikunjungi oleh keluarga disaat sore hari untuk berkumpul dan bermain atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menikmati jajanan yang ada atau mengabadikan momen dengan berfoto di beberapa titik yang bagus.

saya pun berjalan menuju ke bagian paling belakang dari taman ini dan disitu saya mendapati sebuah bangunan yang sedikit unik bentuknya dan ternyata bangunan tersebut adalah sebuah perpustakaan dan arsip. setelah itu, saya pun melanjutkan perjalanan menuju museum Tsunami Aceh yang letak nya tidak jauh dari taman sari tersebut. saya hanya berjalan kaki menuju tempat tersebut.

saat saya tiba, ternyata museumnya udah tutup kata salah seorang petugas museum. wajar aja udah tutup, karna saat saya tiba di museum itu udah sekitar jam 5kurang, tapi saya diperbolehkan untuk sekedar melihat-lihat dan berkeliling di bagian luarnya atau hanya sekedar foto di luar. sedikit kecewa tapi gak apalah. karna tak ingin melewatkan momen, akhirnya saya mengambil beberapa gambar dari museum tsunami aceh walau hanya dari luar, ya paling tidak saya udah pernah kesini walau belum bisa masuk.

selesai dari museum tsunami saya pun kembali ke masjid baiturrahman dengan berjalan kaki. dan ternyata saya salah mengambil rute jalan dan hasilnya saya harus berjalan sedikit agak jauh. oiya satu hal yang harus kalian tau kalau saya melakukan perjalanan ini seorang diri. gak 100% seorang diri, karna saya berpisah dengan rombongan di masjid raya dan saya lebih memilih untuk berjalan-jalan seorang diri ke taman sari dan museum tsunami. dan sebelumnya saya gak tau letak museum tsunami itu berdekatan dengan taman sari dan masjid baiturrahman. ya bisa dibilang saya modal nekat aja jalan-jalan didaerah tersebut. hihiihii...

bayangin aja, dengan tas ransel yang muat pakaian untuk 3hari padahal saya cuma 1hari aja di Banda Aceh, karna niat awal dari rumah setelah urusan selesai di Banda saya mau main ke Sabang seorang diri aja tapi apa daya saya untuk minta ijin ke bapak malah gak dapet balesan. apa boleh buat rencana saya untuk ke Sabang masih belum bisa. melanjutkan cerita yang tadi, jadi dengan tas ransel yang berisi penuh pakaian yang saya gendong didepan tentunya itu membuat sedikit mencolok terlebih saya hanya berjalan seorang diri. cuma mau ngasih tau aja. hahaha

setelah berkumpul bersama dengan rombongan, kami melanjutkan untuk menuju ke pekan raya yang lokasinya tepat berada di belakang masjid raya baiturrahman. disitu saya beli beberapa oleh-oleh, dan sempet kalap juga liat makanan yang banyak dan enak-enak. berikut ini saya akan kasih beberapa hasil gambar yang saya abadikan dengan kamera hape saya. doakan aja mudah-mudahan saya bisa beli kamera digital baru atau hape baru biar gambarnya bisa keliatan lebih bagus ^^

Masjid Baiturrahman, salah satu ikon kota Banda Aceh
bagian dalam masjid yang ramai dengan anak-anak sedang mengaji. masjidnya gak pernah sunyi ^^

masih di dalam masjid baiturrahman

beberapa jamaah yang sedang melaksanakan sholat ashar

taman sari yang letaknya gak jauh dari masjid baiturrahman. tinggal nyebrang aja kok kalo mau main kesini

jalanan setapak yang ada di taman sari
ini adalah gedung perpustakaannya dan arsip. sayang banget ngambilnya dari samping :(
padahal kalo ngambil dari depan bagus.



bagian depan museum tsunami

yeee... akhirnya kesini juga walau belum bisa masuk

itu kucing siapa itu yang tidur???



ini bagian luar. kayak lagi pertunjukan ya. hehee... padahal enggak loh. mereka lagi gathering aja.
saya pikir mereka wota tadinya. hahhaaa...


bagian belakangnya aja keren gini, gimana dalemnya ya??
suatu hari kalo saya kemari lagi akan saya ceritakan ya ^^
pemandangan di belakang museum tsunami Aceh, sayangnya gak ada pintu untuk kesitu.
kalo ada udah langsung saya datengi
masih di bagian belakang museum tsunami. betewe, tuh palstik kresek ngapai disitu??
ganggu pemandangan aja.



toko oleh-oleh yang saya datengi bareng rombongan. bawaannya langsung kalap mau beli semuanya

yak... dodolnya kakak, roti kacangnya kakak, pisang salenya kakak, kopinya kakak.
kakaknya baik loh.. mau ngasih bonusan ^^
kopi yang saya beli. entahlah.. saat ngeliat kopi saya langsung teringat sama seseorang :))
mirip teh ya kan. tapi ini beneran kopi dan rasanya ya rasa kopi. heheeee



You May Also Like

0 Post a Comment